Minggu, 28 Juni 2015

TIPS MENABUNG DALAM JANGKA PANJANG

Menabung.
Apa yang ada di dalam pikiran kamu saat membaca satu kata tersebut di atas?

Menabung memang bukan satu hal yang asing buat khalayak. Menabung begitu familiar karena tidak sedikit orang di sekeliling kita yang pergi ke bank untuk menyetor beberapa jumlah uang, atau yang lebih sering terjadi, mereka membeli sebuah celengan untuk diisi setiap hari.

Mengapa kita perlu menabung?

Tidak bisa dipungkiri, selain memenuhi setiap kebutuhan kita juga perlu menabung. Karena… Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, berapa banyak rupiah yang akan habis untuk keperluan kita. Kita butuh mempersiapkan hal tersebut, untuk itu kita butuh menabung. Tak perlu banyak, sedikit pun jadi. Asal rutin, tabungan tersebut akan membukit.


Tips Menabung Agar Tetap Utuh dalam Jangka Waktu yang Panjang

Banyaknya keperluan kita sehari-hari, membuat kita yang sudah bergiat menabung jadi goyah. Terlebih kalau kita menabung di sebuah celengan biasa yang setiap saat bisa kita uprek-uprek isinya. Hari ini menabung lima ribu, besok mengambil sepuluh ribu. Sama halnya dengan yang menabung di bank. Ketika mendapatkan kartu ajaib bernama ‘ATM’ kita jadi sesuka hati mengambil uang tabungan kita untuk beberapa kepentingan.

Don’t worry, hal tersebut lazim sekali. Pun saya sering melakukannya. Membongkar isi celengan hanya untuk membeli cemilan, atau tarik tunai untuk membeli yang sebenarnya tidak begitu penting-penting sekali. Biasanya ini terjadi ketika saya baru saja mendapatkan royalti dari novel-novel saya. Pada awalnya saya begitu senang, karena bisa menikmati hasil jeri payah sendiri. #aseek.

Namun beberapa kali menarik tunai untuk hal-hal yang sebenarnya tidak begitu penting membuat saya mikir lebih dalam, bahwa selamanya saya tak boleh seperti ini.  Akhirnya saya putuskan untuk membuka akun rekening yang baru dengan tujuan memisahkan uang yang benar-benar untuk ditabung dengan yang untuk keperluan sehari-hari. Bedanya adalah, saya tidak menggunakan ATM pada rekening yang baru. Karena kalau saya pakai ATM juga, sama aja bohong. Saya akan terus-terus khilaf tarik tunai saat saya mau beli apapun.

Dengan menggunakan dua rekening sekaligus, saya bisa mentransfer sebagian royalti ke rekening yang tidak ada ‘ATM’ nya untuk tabungan dalam jangka panjang saya. Yang berarti tidak akan saya tarik tunai jika saya tidak benar-benar membutuhkannya.

Nah, sekarang saya nggak perlu khawatir kalau saya khilaf dengan menarik uang dalam ATM sedikit demi sedikit yang akan membuat saya bangkrut mendadak.

Blogger sekalian, jika masalah kalian sama dengan saya, maka mulailah membuka rekening baru tanpa ATM. Agar tabungan kalian bisa awet hingga waktu yang tepat.

Tidak Punya Banyak Uang untuk Membuka Rekening Baru?

Jika kamu pikir membuka rekening baru akan memubazirkan tabungan kamu karena setoran pertama yang mahal, saya akan membagi tips menabung saya lewat Cermati.com. Di situs Cermati, saya dapat memilih jenis bank yang tidak mengharuskan saya menyetor lebih dari Rp. 100.000,-. Nominal yang sama juga menjadi minimal setoran perbulan. So, kamu nggak perlu risau kalau memiliki dua rekening akan membuatmu memubazirkan lebih banyak uang. Tidak sampai di situ, cermati.com juga memberi penawaran jenis tabungan seperti apa yang kamu inginkan. Ada tabungan bisnis, tabungan anak, tabungan pensiun, tabungan pegawai, maupun tabungan haji.



Salah satunya tabungan berjangka, BNI Tapenas yang juga memberikan jaminan asuransi dengan UP hingga 6 Milyar. Selain itu kamu juga bebas menentukan setoran bulanan dari Rp. 100.000,-.




Masih belum yakin dengan tips cermati.com yang memudahkan usaha menabung jangka panjang saya? Tidak apa, mungkin kamu bisa membuktikannya sendiri dengan cara membuka situs cermati.com. Dengan sekali ‘Klik’ saja kamu bisa menemukan solusi menabung yang sering membuatmu khilaf seperti saya sebelum ini.

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Share Tips Menabungmu Bersama Blog Emak Gaoel dan Cermati”


*Untuk keterangan lebih lanjut Klik di sini

29 komentar:

  1. Aku ada 2 rekening. BCA dan Mandiri. Yang diisiin gaji kantor Mandiri. Yang buat jajan BCA. Jadi tarik dulu yg di Mandiri beberapa ratus ribu, pindah ke BCA. Udah deh, yang di Mandiri sebisa mungkin nggak diotak-atik. Betul, Vie, membedakan 2 alokasi itu cara yang tepat!

    Ada resiko sih, kita bayar biaya admin 2x. Syukuuurr admin Mandiri per bulan cuma 3000. :3 Soalnya rekening bukaan dari rekomendasi kantor sih. Hihihi enak yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh Vin, harus bisa pilih bank yg bisa dipoligami. Ga perlu buang banyak uang untuk biaya admin, jadi kan bisa adil. Ahaha

      Hapus
  2. Waktu smp nabung di bank, soalnya banknya yang nawarin untuk menabung disana. Tapi pas lulus smp nggak dilanjutin. Sekarang cuma bisa nabung di tabungan, mungkin nanti kalo punya penghasilan sendiri akan nabung di bank lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga dulu gitu deh, asal buka rekening aja waktu SMA, tapi ga diisiin ehehe

      Hapus
  3. Betul juga penjelasannya, kita harus membuka setidaknya 2 rekening tabungan buat uang kita...Pengen juga sih bukak rekening buat keperluan masa depan, saat ini juga sering ngoprek2 atm buat keperluan jajan, beli barang olshop -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah! Kamu sering khilaf kan? Hihihi buruan pisahin tabungannya .. XD

      Hapus
  4. Oke mulai nabung :3 kemarin sempat intip intip disitus itu, lumayan tertarik sih pengen buka lewat sana.. tapi pemasukan belum ada -_- mungkin nanti pas udah ada pemasukan hehe bookmark dulu :D btw goodluck ya :)

    BalasHapus
  5. Pas banget, gue lagi mulai nabung nih biar banyak cadangan duit nya haha, btw itu bisa buka dibank lain juga? tapi bener juga sama agan yg diatas, pemasukan juga bukan mandiri yaa jadi usahain nabung mandiri dulu deh, suatu saat gue coba haha..
    Semangat!

    BalasHapus
  6. Gue sih belum nabung di bank, cuma orang tua aja yang punya rekening. Gue mau buka sendiri, belum dibolehin gara-gara masih anak sekolah katanya. Bisa jadi referensi nih cermati.com kalo mau buka rekening nanti. Teknologi emang keren. Sekarang banyak hal jadi lebih mudah..

    BalasHapus
  7. haha, tips ini, bikin 2 akun bank, hal yang sering aku pikirin belakangan ini, soalnya boros juga kalo cuma pake 1 ATM buat pengeluaran dan pemasukan.
    oke deh, dengan adanya tips ini, mudah2an bisa menjadi pendorong supaya aku bikin satu akun lagi buat nabung. makasi tips nyaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain bikin dua akun kamu juga bisa ikutin tips lainnya loh. Yaitu... Puasa pake duit ehehehe

      Hapus
  8. Sebenernya selain buka dua tabungan ada alternatif lain nih biar bisa bikin tabungan jangka panjang. Di setiap bank biasanya suka ada jenis tabungan yang namanya Tabungan Berencana, jadi setiap bulannya kita harus setor (biasanya auto debet) nominal tertentu yang udah disepakati (sesuai keinginan nasabah) dan ga bisa diambil selama jangka waktu tertentu (ini juga sesuai keinginan nasabah).

    Soalnya kalau pake tabungan non atm, takutnya nanti ada perubahan kebijakan yang mengharuskan setiap tabungan memiliki ATM untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan memudahkan verifikasi nasabah, dan peraturan ini kejadian di kantor saya. Jadi otomatis nasabah yang ga punya ATM, mau ga mau harus bikin ATM kalau mau ambil uangnya. Sampe nenek-nenek umur 80 tahun pun wajib punya ATM lho. *sigh* -_-'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga ya!? Intinya harus pinter pinter memakai uang untuk sesuatu yg bener bener primer daripada yg ternyaya sekunder :)

      Hapus
  9. Ohh.. jadi gitu ya kak, kita msti pnya 2 rekening? pantesan banyak org yg rekeningnya banyak bgt ada yg bank ini bank itu, tp ttep aja gak ada isinya #jiahh
    kalo aku msh miara 1 nih ka, bru bkin taun kmren pas umur 17th, dan aku boros bgt bolak balik diambilin mulu duitnya, skrg abis deh:') nanti aja pnya 2 bank nya deh, klo udh pnya pghasilan sndri.. Kalo sekarang mah 1 aja udh ribet. wkwk. Makasih ya kak tipsnya! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atau bisa juga kamu minta mama kamu aja yg nyimpenin ehehe selain bikin dua rekening sebenernya lebih diutamakan niat nabungnya juga. Semacam puasa, kalo niatnya pol pasti gabakalan kegoda deh ehehe

      Hapus
  10. wah baru pertama kesni nih teh, rupanya udah banyak karyanya nih sampai dapet royalty dari novel-novelnya. keren. salam kenal teh..

    saya mah nggak tahu kenapa kalau nabung di bank jarang lama. ya gitu lah karena tiap hari uangnya kepake. jadinya nggak setor2 hahaha

    semoga Cermati bisa dicermati sama nasabah baru yang mau nabung dengan cermat. apasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulillah nih ehehe nah! Kamu sering khilaf juga ya? Berarti ATMnya kudu diumpetin nih.

      Hapus
  11. saya masih punya satu
    sempet kepikiran sih buat punya dua, tapi nggak sempet.

    uangnya selalu habis buat keperluan sehari-hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya .. Kayaknya makin dewasa keperluan makin bejibun. Nah! Intinya kita harus jeli nih, memilah milih mana yg bener bener penting mana yg cuma hasrat lapar mata aja ehehe

      Hapus
  12. ide bagus punya 2 rekening, lbh enak lagi kalo banknya sama jd tinggal transfer dr atm.

    btw kl males bikin 2 rekening, 1 rekening jg bisa, sisanya didepositkan otomatis dan ga bisa diotak atik sampai jangka waktu yang sudah ditentukan.

    well, apapun bentuknya semua tetap dari niat kok :)

    BalasHapus
  13. pas nih tips nabung buat kawin nanti *eh*

    BalasHapus
  14. Hmm menarik juga idenya. Misahin tabungan yang untuk bener-bener ditabung sama yang buat jajan-jajan. Hehehe.

    BalasHapus
  15. tips yang sangat membantu buat saya yang susah buat nabung :D

    BalasHapus

Jangan malu- malu untuk berkomentar. Silahkan berikan komentar terbaik anda ^_^ Xie Xie Ni