Selasa, 31 Desember 2013

REVIEW #SUS



Ternyata ngebaca naskah mentah dengan naskah yang sudah cetak itu beda rasanya lho. Waktu masih berbentuk mentah, kayaknya seneng gitu. Apalagi pas ngedit setelah di ACC, rasanya kupingku terbang melayang. Tapi pas udah jadi novel begini, saya malu-malu gitu bacanya. Terus lama-lama saya jadi lupa kalau saya yang nulis. Waktu mulai ngebaca ulang, saya jadi ngerasa pembaca. Maka dari itu saya mau review #SUS di blog aja. Nggak spoiler deh, cuma mau ngomentarin aja yang menurut saya kurang pas sebagai pembaca. Sebagai PEMBACA!!!
*dan ada sedikit tanggapan juga sebagai penulis.


·         Ucapan terimakasihnya, gila! Sehektar!!!
—maklum, dibuku pertama nggak pake thanks to jadi balas dendam gitu deh.hehehe

·         Tanda seru di bagian awal sungguh sangat mengganggu! Ngerasa dibentak-bentak gua bacanya.
—padahal  udah saya edit setiap tanda serunya.Mungkin hasil editan saya nggak dipakai editor. Huaaa…

·         Bahasanya juga kaku di awal-awal, saya jadi ngerasa lagi ngebaca logatnya dubbing di drama korea. Juga banyak pengulangan kata di setiap narasi. Jadi aneh bacanya.
—hehehe…

·         Settingnya kurang menonjol, mungkin karena pake POV1 kali ya.
hhehehe
 
Salah satu judul Bab di SUS
·         Pada waktu Rheya ngomong sabar ke Arel itu kok kayaknya gimanaaa gitu… ngerasa aneh aja bacanya. Perubahan mood Arel juga terjadi dengan sangat singkat.
—Huhuhu… Next time lebih memainkan emosi.

·         Sayang cuma 192 hal, padahal kalau bisa lebih tebel, ceritanya bisa tereskplore lagi. Lebih bikin penasaran, greget dan bikin gua yang ngebaca ngerasa sayang buat cepat-cepat ngelarin. #SUS saya baca dalam hitungan jam. Agak datar gitu…
—Iya ya kurang tebel. Kalau tebel kan lumayan royaltinya. Haghaghag… *Plak!

·         Blurb-nya bikin penasaran, tapi setelah menamatkan Novel ini gua jadi mikir, kok nggak nyambung ya sama judulnya?
—disambung-sambungkan aja deh, ya. hihihi

·         Menurut saya kelebihan #SUS terletak pada tema. Suka sekali dengan adegan Haykal memberitahu kebenaran dengan caranya. Pangeran Astralnya juga manis banget, nggak nakutin. Endingnya nggak kayak novel teenlit kebanyakan yang selalu berakhir dengan jadian. Yang terakhir, #SUS lebih bagus dari novel pertamanya penulis. Gua yakin, makin lama penulis bisa menulis dengan sangat bagus. Good Luck!
—tengkyu atas komentar dan masukannya. Next project bakalan lebih bagus lagi.

·         Dari lima bintang, Satu Untuk Selamanya saya kasih 2 bintang.
—Xie Xie Ni, semoga novel berikutnya kasih 10 bintang ya, *Lho?

1 komentar:

Jangan malu- malu untuk berkomentar. Silahkan berikan komentar terbaik anda ^_^ Xie Xie Ni