Jumat, 18 Mei 2012

WO AI T-DRAMA


WO AI T-DRAMA

Zao An.. (Nulisnya tadi pagi. Hihihi..)
T-drama atau lebih lengkapnya Taiwanesse Drama.  Kalian tentu sudah pernah nonton Meteor garden kan? Yup! Meteor Garden adalah drama taiwan pertama yang saya tonton. Dulu sih masih kelas 4 SD, jadi belum ngerti apa- apa. Hanya sekedar suka karena pemerannya ganteng- ganteng. Hahaha..
Tapi sekarang, setelah menonton Meteor Garden lagi, barulah ngerti bagaimana kisah yang ada di dalamnya. Bahkan ikut menangis ketika San Cai harus berjuang membuat Dao Ming Tse mengingatnya. Huhuhu.. jadi mewek lagi deh..
Nah, itu tadi cerita T-drama pertama saya. Setelah Meteor Garden banyak lagi drama- drama Taiwan yang menjadi favorit saya.

Wei shen me?
Sabaaarrr.. ntar dijabarin deh alasannya satu persatu.
Di sini, saya nggak bermaksud membandingkannya dengan drama manapun. Saya hanya ingin menceritakan apa dan kenapa saya zhen de zhen de xi huan Taiwanesse Drama, ai Taiwanesse Drama. Meskipun sekarang bukan jamannya Taiwanesse Drama lagi, saya tak pernah berpindah hati. Tetap suka dan sangat suka dengan drama- drama berbahasa Mandarin ini. Hihihi..
Cerita yang lucu sampai bikin perut melilit menahan tawa, kisah cinta yang romantis dan bikin hati ikut berbunga- bunga, serta kesedihan sampai menguras air mata. Semuanya dikemas secara apik. Mungkin inilah The Universal Reason.
Berikut detail kenapa Drama Taiwan begitu mengagumkan di mata saya.
Check it out!

1.       Opening
Opening Drama Taiwan selalu mengagumkan. Terlihat  keren karena selalu menampilkan animasi  yang lucu. Coba deh tonton drama Calling A Star yang dibintangi oleh Mike He. Tidak hanya openingnya saja yang memakai animasi, bahkan di dalam drama-nya pun animasi dipakai untuk membuat drama semakin keren dan beda. Dan lihatlah opening Drama Hi My Sweetheart, Fated to Loved You, ToGetHer  juga memakai sentuhan animasi pada openignya. Tidak hanya 4 judul yang saya sebutin tadi, masih banyak drama Taiwan yang memakai animasi lucu di openingnya. Jadi ngerasa unyu. Hihihi…


2.       Soundtrack

Drama tanpa soundtrack, membosankan! Sama seperti di kehidupan nyata, kalo nggak ada lagu kayaknya dunia gelap.
Yang selalu jadi ciri khas Drama Taiwan adalah, opening soundtrack yang bikin jingkrak-jingkrak dan ending soundtrack yang bikin banjir air mata.
Yup!
Semua drama Taiwan memakai soundtrack yang ngejreng di openingnya dan sad song di endingnya. Seperti Xing Fu he Zuo She yang bikin kepala geleng- geleng, dan Ni dalam drama They Kiss Again, 99 ci wo ai ta dan Xin Yuan Bian li tie-nya Fated to love you, Ai feng tou dan Yu ai nya Hi my sweetheart, Ai Shang Ai dan Wo men shi lian ai de ren dari drama Wanna be thought guy. Semua itu perpaduan opening dan ending soundtrack yang selalu menjadi ciri khas drama drama Taiwan.  Huhuhu…
Tidak hanya itu juga, insert song yang dipakai juga nggak kalah seru untuk di dengerin. Mewakili tiap adegan. Jika lucu, maka insert songnya berupa instrumen yang keren, dan jika adegan begitu menyedihkan soundtrack yang diperdengarpun mendukung untuk menguras air mata. Pernah denger  Ting jian soundtrack dari Its Started With A kiss (ISWAK), wo de kuai le dan Ban Qing Ge-nya Fated to love you, Ai bu da xing dan Ni ming de hao yu nya Hi My sweetheart, wo men shi lian ai de ren­ nya Wanna be thought Guy . Lupakan soal terjemahannya, dengerin aja dulu versi aslinya, pasti sangat menyayat hati?  Terkadang aku ikut menangis mendengarnya. Huhuhu.. (haduuuhh, cengeng!)

3.       Plot
Alur cerita yang disajikan cukup mengalir, tidak lompat- lompat, nggak terburu- buru dan tidak bertele- tele. Keseharian si leader role dikemas sebegitu mengalirnya. Bangun tidur sampai tidur lagi, dari jalan raya sampai ke rumah. Mungkin di awal menonton kita akan merasa “Untuk apa sih ada adegan ini? Nggak terlalu penting!” tapi tanpa kita sadar dalam adegan yang biasa itu tersisip cerita- cerita lucu atau sedih yang bisa dikenang di akhir episode setiap drama Taiwan. Coba tonton keseharian Ariel Lin dalam Its Started With A Kiss,  sederhana dan kalau dilewatkan pun sangat sayang karena ada sisipan komedi dan bagaimana perjuangannya di dalam adegan tersebut. Ketika di kenang bakalan terasa..          
Jika drama mengisahkan seorang anak yang terbuang seperti drama Twins yang di perankan oleh Chen Qiao En, maka plotnya akan mengalir dan secara perlahan- lahan rahasia itu akan terbongkar dengan cara yang tidak di duga- duga. Waktu saya nonton Fated to love you saya nggak pernah nyangka kalo Anna adalah adik kandung Dylan yang hilang bertahun- tahun lamanya. Setelah di flashback, banyak sisipan adegan yang mengarah ke rahasia tersebut tanpa di duga-duga. Dan betapa beruntungnya Angela Zhang yang berperan sebagai Xio Mai di drama Romantic Princess  yang ternyata cucu dari orang nomor satu di Taiwan, pengusaha kaya raya yang kehilangan cucunya ketika masih bayi.
Tema yang selalu diusung pun konsisten. Tidak ada perubahan sejak awal episode sampai ending. Misalnya Drama Rolling Love  yang diperankan Jiro Wang dan Dansong Tang tidak mengubah tema how to be a good chef sampai ending.

4.       Love
Semua drama tentu mengandung unsur yang satu ini. Dan keunikan drama Taiwan mampu mengemas love story yang romantis bangeeeett.. aku rekomendasikan kisah cinta Yuan Xiang Qin dan Jiang Zhi Shu dalam drama ISWAK yang penuh pengorbanan, Chen Bou Zhu dan Lin Dalang dalam drama Hi My Sweetheart, unik, lucu dan juga mengharukan, Chen Xin Yi  dan Ji Cun Xi  dalam drama Fated to love You  yang berawal dari ketidaksengajaan, cinta malu- malu antara Xia Ya dan Lei dalam drama Summer X Summer.


5.       Lucu & unik
Pernah nonton drama- drama yang diperankan oleh Rainie Yang? Rata- rata karakter yang diperankan  Rainie Yang begitu unik. Seperti menjadi seorang Jiang Xiao Hua yang polos, norak, dan mempunyai rambut super keriting di drama Miss No Good, Chen Bao Zhu yang kasar dan suka memukul dalam drama Hi My Sweetheart , Chen Mo Mo yang kuper parah dalam drama ToGetHer. Itu beberapa peran yang diperankan Rainie Yang yang penuh keunikan dalam karakternya.
Dalam drama Hi My Sweetheart tidak hanya Rainie Yang yang punya karakter unik, bahkan lead actornya, Show Lou (Alan Lou) berperan sebagai cowok yang culun, penakut, dan korban keganasan Chen Bou Zhu. Dandanannya mengingatkanku pada Teuku Ryan yang berperan sebagai Yoyo (si Yoyo)


6.       Antagonis
Antagonis kalo nggak ada pasti kurang seru. Tapi tokoh antagonis dalam setiap drama Taiwan tidak sekejam cerita ibu tiri. Tengok saja bagaimana kejamnya Ivy Chen dalam episode awal I Want To be A Hard Persimmon (Wanna be thought Guy), Mamanya Dao Ming Tse yang akhirnya menyerah, pacar Chen Qiao En dalam drama Twins, Flora dalam drama Love That Comes, Shi Anna  dalam drama Fated to Love you. Antagonis- antagonis ini akhirnya ngalah dan baikan dengan protogonis (bener nggak sih ini namanya) di akhir episode. Jadi, nggak semua yang jahat akan terus jahat. (Jadi inget Mischa. Hihihi..)


7.       Persahabatan
Setiap karakter punya teman, dan persahabat mereka begitu kuat. Dalam drama Taiwan kebanyakan cinta yang rusak karena persahabatan, bukan persahabatan yang hancur karena cinta. Lihatlah bagaimana Hua Ce Lei mengalah dan menyerahkan San Chai untuk Dao Min Tse dalam drama Meteor Garden. Nang Feng Cai yang mengalah pada Nang Feng Jin pada drama Romantic Princess. Bagaimana setianya An Shao dan Tiger menunggu bersama di luar kantor polisi ketika Chao Meng lagi galau karena pacarnya lagi dipenjara.

8.       Pengorbanan
Terharu melihat pengorbanan Han Feng Yang 10 mencintai Chen Bou Zhu yang berakhir sia- sia dalam drama Hi My Sweetheart. Cinta 5 tahun Yuan Xiang Qin pada Jiang Zhi Shu yang berakhir bahagia. Dan rata- rata drama Taiwan memiliki pengorbanan cinta yang mengharukan. Nggak nanggung- nanggung nungguinnya sampai bertahun- tahun. (Jadi inget penantianku yang berakhir dengan penyerahan. Huhuhu..)

               
Hao La.. Sekian dulu riset saya tentang T-Drama yang membuat saya falling in love sepanjang masa. Bagaimana pendapat anda? Sependapatkah kita? Hehehe.. Nggak maksa sih..

Berikut drama favorit saya yang saya rekomendasikan kepada kalian:
·         Its Started With A Kiss 1 & 2
·         Fated to love you
·         Love or Bread
·         Romantic Princess
·         Hi My Sweetheart
·         Miss No Good
·         Summer X Summer
·         X channel
·         Love That Comes
·         Rolling Love
·         ToGetHer
·         Momo Love
·         I Want To Be A Hard Persimmon
·         Sunshine Angel
·         Hana Kimi (Taiwan)

4 komentar:

  1. the kiss again kok gag di masukin ke list nya itu film kan keren bnged :(

    BalasHapus
  2. Sy suka I wanna be tough guys

    BalasHapus
  3. Walking love up jg kren lho..
    Oh ya endless love taiwan ver jg bgus..

    BalasHapus
  4. mau nanyak ni,tau gak t drama yang pernah tayang di indosiar,ceritanya pemeran utama wanitanya sudah meninggal tapi arwahnya masih gentayangan dan awalnya diya gak sadar kalo diya sebenernya udah mati,si wanita ini malah ngebantu hantu-hantu lain untuk nyelesain urusan mrka di dunia yang belum kelar,pemeran utama prianya disini karakternya cuek banget tapi sebenernya diya peduli dan nemenin si cewek ini sampai reinkarnasi.

    BalasHapus

Jangan malu- malu untuk berkomentar. Silahkan berikan komentar terbaik anda ^_^ Xie Xie Ni