Kamis, 09 Februari 2017

ME TIME



Hasil gambar untuk me time


"Ada saatnya dalam hidupmu,
engkau ingin sendiri saja bersama angin,
menceritakan seluruh rahasia,
lalu meneteskan airmata." -- Bung Karno 1933)

Aktivitas yang padat, kadang bikin kita butuh waktu sendiri. Waktu yang benar-benar sendiri. Seperti di dalam kamar, melakukan hal-hal yang sederhana seperti tidur, makan dan bermalas-malasan. Setiap orang butuh me time sekali-kali. Dengan begitu tingkat stress berkurang.

Tapi me time versi saya berbeda. Bahkan jauh berbeda dari yang umum. Entahlah... Apakah versi saya ini masih bisa disebut  me time atau tidak.

Me time versi saya adalah, pergi ke tempat-tempat ramai sendirian.


Selama di Jakarta, kemana-mana saya selalu ditemani. Have fun banget. Saking senangnya saya sampai lupa, apa bisa selamanya have fun bareng teman seperti sekarang? Suatu hari yang tertawa bersama saya pasti akan menjauh dan tidak punya waktu lagi untuk saya. Sementara saya bukan tipe orang yang gampang beradaptasi dengan orang baru. Canggung, malu dan segala macam. Saya ga bisa terus-terusan bergantung sama orang-orang yang ada di sekeliling saya saat ini. Suatu hari saya pasti sendirian.


Maka muncullah gagasan tersebut. Saya menyebutnya me time. Pergi ke tempat-tempat yang benar-benar ramai sendirian. Dengan tujuan mencari hal baru, mencari inspirasi (untuk draft-draft novel saya yang terbengkalai), merancang masa depan, dan semua itu cuma bisa dilakukan jika saya perginya sendirian. Jika ada teman, pasti mau tidak mau saya harus ikuti apa yang teman mau juga. berbeda jika kita pergi sendirian, hanya sepasang kaki yang menguasai.

Kita akan pergi mengikuti langkah kaki, bukan kaki yang mengikuti kita.

Sebab me time yang mengurung diri dengan bacaan dan coffe sering saya lakukan di rumah dulu. Oleh karena itu saya ingin me time yang berbeda.



Me time pertama, saya pergi ke Kebon Raya Bogor 26 desember tahun lalu. Di sana saya benar-benar sendirian. Di tengah keramaian yang benar-benar ramai. Saya jalan aja tuh banyak yang liatin. Saya cuma mesem-mesem aja. Untungnya saya bawa kamera jadi bisa jadi tameng. Tapi saya bener-bener menikmati me time saya di sana. Motret beberapa hal yang luput dari orang-orang. Contohnya foto di atas. Jarang-jarang ada orang yang sudi motoin begituan.

Hari itu saya meluapkan apa yang ingin saya luapkan. Penginnya sekalian nangis. Tapi saya ga bisa. Alhasil saya cuma coret-coret majalah dengan kalimat-kalimat yang kasar. Saya bahkan ingat kalimat yang paling kasar tuh, you better die than you marry another girl.

Jahap ya?

Tapi dari sana saya juga sadar sih, kalau seandainya seseorang yang saya tunggu selama ini memilih saya mungkin saya ga akan seperti sekarang. Menjadi mandiri sendirian di Jakarta. Ketemu orang-orang yang benar-benar baru. Dan saya paling bersyukur banget adalah ketemunya saya dengan atlit cricket. Nggak tahu kenapa, bertemu dengan para atlit olahraga tersebut menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi saya. I feel blessed!

Me time pertama saya sukses membuka pikiran saya untuk ikhlas. Tapi saya masih kurang puas. Mengapa? Karena saya terlihat menutup diri dengan orang-orang baru. Ketika di KBR itu saya ketemu ibu-ibu yang tanya-tanya, apakah tujuan saya memotret adalah tugas kuliah atau bagaimana. Saya jawab seadanya dan setelahnya saya pergi. Seharusnya saya ikut nimbrung tuh. Dan itu penyesalan saya yang tidak ingin saya ulangin.

Me time kedua cuma secara jadwal doang. Saya lakuin tanggal 15 januari di GMIS. Sekalian nonton cricket terus ngasih majalah sama Mbak Lina. Eh kebetulan yang main tim favorit saya, YSCC. Setelah sekian lama ga liat mereka main cricket, hari itu saya nonton lagi. Tapi saya kurang puas karena saya masih ketemu sama orang yang dikenal. Jadi me time kedua saya bisa dikatakan ga lebih baik daripada me time pertama. 

Me time ketiga sebenarnya ingin saya lakukan di hari minggu. Sementara sabtunya saya main ke rumah temen. Tapi karena main ke rumah temen batal, jadi jadwal me time saya ajuin jadi hari sabtu 4 februari. Saya ke Buperta Cibubur. Tadinya mau nonton cricket sih, kan yang main TIMNAS. Tapi saya kesorean jadinya saya memutuskan buat foto-foto suasana Cibubur deket pintu masuk. Ke lapangan cricket kejauhan. Cape saya jalan sendiri. Tadinya saya malah mau pulang pas nyampe Cibubur tapi kaki saya malah bawa saya masuk. Ya udah deh saya masuk aja. Surprise-nya saya masuk ga bayar hanya karena saya bawa kamera. Dikira mau ngeliput. Ya Allhamdulillah kalau gitu. Padahal kemaren-maren saya bayar lho. 

The power of Pers card! Yeay!

Komunitas Skateboard Cibubur

Saya ketemu klub skateboard, saya fotoin deh. Kapan-kapan mau bikin video random soalnya. Ngeliat mereka terus main dan saya sendirian, saya benar-benar ngerasa, It's me time that I want to...
Terus di sana saya punya ide pengin wawancara mereka dan masukin hasil wawancaranya di akun kumparan saya. Itung-itung latihan juga buat wawancara. Siapa tahu nanti saya ditugasin wawancara dari kantor. Saya malah kepikiran pengin ikutan main tapi tengsin euy. Mereka juga keliatan ga nyaman gitu ada saya. Yaudah deh saya cus ke lapangan aja, yang penting saya udah wawancara mereka.

Tiba di lapangan cricket, saya ga gabung sama pemain cricket atau ketemu Mbak Lina. Saya sengaja nonton dari pendopo satunya. Kebetulan ada yang nonton di sana, dua orang. Peserta kemah jambore gitu. Sebelum saya sapa, mereka udah nyapa duluan. Wah, asik nih kayaknya, pikir saya tentang mereka waktu itu. Ya udah deh jadi saya deketin mereka sambil nonton. Terus saya tanya ke mereka, ngerti Mas? Mereka jawab, enggak. Terus saya tanya lagi, tahu ga ini permainan apa? Mereka jawab, baseball, kan? Disitu saya cuma mesem. Terus saya jelasin deh ke mereka kalau yang daritadi mereka tonton dengan ketidakmengertian itu adalah cricket. Saya juga jelasin beberapa aturan yang saya tahu. Kali ini saya senang jelasinnya karena ga pake ragu kayak dulu saya jelasin ke temen saya yang selalu pake akhiran 'kayaknya'.

Tim Nasional Putra Kebobolan 11 Wicket

Hari itu saya di sana sampe sore. Sampe bener-bener gelap. Saya juga sempat nonton atlit cewenya latihan sih. Bawaannya pengin gabung aja dah. Saya seneng banget karena misi saya nge-me time bener-bener tercapai. Yaitu bertemu orang-orang yang benar-benar baru.

So, itu cerita me time saya yang mulai saya lakuin dua minggu sekali. Dengan me time yang seperti itu saya berharap saya bisa lebih peka lagi ke sekeliling. Saya juga berharap saya bisa mengubah kebiasaan saya yang terlalu pendiam ini sehingga kelak kemanapun saya pergi saya bisa menjadi orang yang asik. Hohoho

Sampai bertemu lagi di me time selanjutnya...


4 komentar:

  1. Wahh... kayaknya kita sebelas dua belas Mbak.. :D
    Apanya? Saya juga kemana-mana pasti ngajak teman, mana berani saya pergi sendirian. Apalagi di tengah keramaian, ngenes banget ng punya teman ngobrol..

    Tapi emang benar sih, nggak selamanya orang2 itu bakal ada buat kita, ada waktunya kita bakal sendiri. Terus ngapain? Nggak mungkin dong ngurung diri di rumah terus.

    Saya juga termasuk orang yg pendiam, rada canggung kalau pas ketemu orang2 baru, kalau ada yang nyapa pake nanya sesuatu, ya jawab seadanya, terus pergi..

    Me Time, seru juga kali ya kalau bisa ngelakuin itu. Kayaknya saya harus ngumpulin seluruh keberanian biar bisa melakukan Me Time dengan pergi jalan2 ditengah keramaian.. :D

    Salut deh buat Mbak, udah lakuin Me Time dengan cara yg beda seperti itu..

    BTW, keren kali ya bawa kamera kemana2, dari dulu saya memimpikan hal seperti itu, sampai ckrg belum kesampean beli kameranya.. :D

    #SalamSapa

    BalasHapus
  2. Ngomongin me time, aku lebih suka melepaskan kepenatan dengan cara refreshing misal hunting ke gunung gunung atau ke tempat tenpat terkenal.

    Dan me time versiku pasti aku bersama sesorg, bete klo nggk ada kawan.

    BalasHapus
  3. Wah, kalo me time sih saya selalu ya. Tiap malem minggu saya juga me time. Yaa, maklum jomblo diantara yg udah pada punya pacar, yang lain pacaran saya sih me time. Asik juga sih, mau kemana aja gak ribet seperti kalo ngajak orang lain. Makanya saya lebih suka me time daripada pergi rame-rame. Cuma kalo lagi me time, suka aja ada yg ngeliatin dengan pandangan sinis, mungkin karena saya gak bawa pacar kali ya hahaha.

    BalasHapus
  4. Setipa orang pasti punya cara yang berbeda-beda tentang melakukan Me Time, istilah ini sering digunakan orang untuk melepas penat, dan melakukan apa saja yang ada dalam pikiran, mengikuti apa kata hati. Me Time biasa aku lakukan di kamar, nonton Tv maen game, yang penting hati merasa senang dan tenang. Itulah Me Time.

    BalasHapus

Jangan malu- malu untuk berkomentar. Silahkan berikan komentar terbaik anda ^_^ Xie Xie Ni