Sabtu, 01 Oktober 2016

All About Cricket

Dear readers, pernah dengar kata ‘kriket’ nggak sebelumnya? Apa? Cokelat? Itu sih kitkat, bukan kriket, ders.
Karena di novel Dilwale memiliki hero berprofesi sebagai pemain kriket, aku akan mengupas kriket secara tajam dan teraktual. *infotainment kali ah
Cekidot!

cr: google


 Jadi apa itu kriket?
Kriket adalah sebuah cabang olahraga yang dimainkan oleh dua tim. Perkelompoknya, terdiri dari 11 orang. Berasal dari Inggris dan menjadi sangat populer di beberapa negera persemakmuran seperti Asia Selatan. Sebut saja, Pakistan, India, Sri Lanka. Olahraga ini juga menjadi olahraga penting di negara asalnya, Inggris, juga beberapa negara seperti Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Zimbabwe, Karibia dan negara-negara yang berpenduduk berbahasa Inggris lainnya yang dibawa pada masa penjajahan.
Esensi dari olahraga kriket sama seperti olahraga kelompok lain, yaitu melatih kekuatan fisik, kerja sama tim yang solid, persaingan sehat serta melatih jiwa pantang menyerah dan penuh semangat.

Kriket berbeda dengan Baseball

Sekilas kriket terlihat mirip dengan baseball, namun terdapat banyak perbedaan antara kriket dan baseball terutama pada peralatan yang digunakan dan peraturan dalam permainan.
Peralatan yang digunakan dalam kriket meliputi, pemukul (bat) yang berbentuk bulat pada pegangan sementara ujungnya berbentuk sebilah kayu, bola terbuat dari gabus dan tali yang dilapisi kulit berwarna merah, sarung tangan tebal, pelindung lutut dan helmet dengan besi untuk melindungi wajah.
sumber: google

Sementara, peralatan yang digunakan dalam baseball meliputi, pemukul yang berbentuk bulat dan semakin mengecil pada pegangannya, bola terbuat dari gabus dan karet, sarung tangan lebih tipis, dan helmet yang tidak memiliki besi pelindung wajah.
Perbedaan lain antara kriket dan baseball terletak pada ukuran lapangan dan jumlah pemain. Ukuran lapangan kriket berukuran kurang lebih 20,1 meter berbentuk  elips dengan  jumlah pemain 11 orang. Sementara ukuran pada lapangan baseball hanya 15,8 meter dengan bentuk irisan 90 derajat dengan jumlah pemain 9-10 pemain.

Peraturan dalam Kriket
Dalam permainan kriket, pelatih tidak diperbolehkan ikut camput dalam pertandingan. Semua keputusan dan strategi ditentukan oleh kapten tim. Berbeda sekali dengan baseball yang semua keputusan ada di tangan pelatih termasuk memilih pemain yang turun ke lapangan.
Pada permainan kriket masing-masing tim terdiri dari;
1.    Kapten Tim bertugas menentukan strategi dan pemain yang turun ke lapangan di awal pertandingan.
2.  Batsman, bertugas memukul bola. Setiap pemukul memiliki dua kali kesempatan memukul bola kemudian digantikan oleh rekan yang lain. Jika satu pemukul gagal, maka ia harus keluar dari lapangan dan digantikan oleh pemain lain pada tim.
cr: google

3.     Bowler, bertugas melempar bola.
cr: google

4.    Fielders, memiliki peran sebagai penangkap bola yang dipukul oleh pemain lawan. Jika berhasil menangkap bola, tim pemukul tidak akan mendapatkan skor atau run.
cr: google

5.      Wicket keeper, sama seperti fielders, wicket keeper bertugas untuk menangkap bola yang tidak dapat dipukul oleh batsman. Posisi wicket keeper berada di belakang batsman dan di depan gawang kriket yang berupa tiga tongkat berdiri sejajar di belakang pemukul.
6.      Mid On and Mid Off, merupakan tangan kanan batsman yang berada di kiri (mid off) dan kanan (mid on)
7.   Gully, bertugas menangkap bola sebelum bola meluncur lebih jauh dan membuka peluang pemain lawan untuk berlari. Berada di belakang pemain yang bertugas sebagai slips.
8.      Slips, berjumlah 4 orang yang berdiri berjajar di belakang gawang di bagian off side, di antara area pemukul bola dan third man.
9.      Long On and Long Off, berada di sebelah kiri bowler (long on) dan sebelah kanan bowler (long off).

Kriket memiliki dua babak dalam satu kali pertandingan. Dalam setiap babak permainan kriket tidak memiliki ketentuan waktu yang pasti. Kriket dimainkan berdasarkan jumlah over yang terdiri dari 6 bola atau lemparan. Pada kejuaraan kriket dunia, ODI (One Day International) Test dalam satu babak memiliki 90 over yang berarti 540 bola sementara pada ketentuan umunya, setiap babak hanya memiliki 50 over yang berarti 300 bola. Maka tak heran jika olahraga ini dimainkan dalam kurun waktu yang sangat lama. Minimal satu harian, dan tidak menutup kemungkinan permainan ini selesai dalam beberapa hari.

cr: google

Rule dari permainan kriket dalam satu kali over, satu tim menyiapkan dua pemukul dan tim lawan menyiapkan satu pelempar bola. Tim yang bertugas memukul bola mengumpulkan skor sebanyak-banyaknya sementara tim yang bertugas melempar bola dibantu oleh fielders atau penangkap bola untuk menggagalkan tim pemukul mencetak skor atau ‘run’.
Apabila pemukul bola berhasil melempar bola keluar jauh dari lapangan, maka poin yang didapat sebesar 6 run. Jika bola berhasil melewati garis lapangan, tim pemukul mendapat 4 runs. Sementara jika bola berhasil ditangkap oleh penangkap bola dan mengenai wicket (gawang), tim pemukul gagal mendapatkan runs.
Setelah tim pemukul menyelesaikan satu over pada satu babak, tim lawan bergantian menjadi tim pemukul untuk mengejar skor yang didapatkan oleh tim sebelumnya.

Kriket di Indonesia
Meski kriket lebih populer di negara dengan sejarah penjajahan Inggris, kriket sudah ada di Indonesia sejak tahun 1880-an. Tim yang pertama kali terbentuk pada tahun tersebut adalah Batavia Cricket Club yang bertanding dengan Circus Eleven di daerah monas. Kemudian pada tahun 1992 aktivitas olahraga kriket terlihat lebih aktif dari sebelumnya sehingga JakartaCricket Association terbentuk. Pada masa itu pertandingan rutin dilakukan di Bali sehingga klub kriket di Bali pun terbentuk. Pada tahun 1997 kriket mulai dipertandingkan di NTT puncaknya tahun 2000 terbentuklah Yayasan Kriket Indonesia (Indonesian Cricket Foundation) yang kemudian menjadi jembatan bagi klub-klub kriket Indonesia berkembang sangat pesat dan terus eksis sampai sekarang.
Indonesia juga memiliki beberapa tim kriket yang rutin bertanding dilapangan GMIS Jakarta Utara dan lapangan kriket Cibubur, antara lain adalah; Jakarta Barbarians, PHM Jaguar CC, Metro Indians CC, TKCC Royals, Yadavas Senayan CC, etc. 

Berikut jadwal pertandingan yang akan berlaga dalam waktu dekat;



Jika kriket di Indonesia berkembang pesat seperti sepak bola, bulutangkis ataupun basket, tidak menutup kemungkinan Indonesia akan naik peringkat di mata dunia seperti negara-negara yang menjadikan kriket sebagai olahraga nasional.

18 komentar:

  1. Kriket itu sebangsa sama kasti nggak sih? Pertanyaan yang sepele banget ya. Soalnya kalo baseball sama kasti rasanya tetap ada bedanya juga.

    Btw karena permainan kriket ini juga ada dalam novelmu yang berjudul Dilwale, semoga ikut memancing rasa penasaran para pembaca muda Indonesia untuk membeli Dilwale ya. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda Cha. Kalo di kasti kan jumlah pemain tidak terbatas hehe Peraturanya juga beda kan. Sasarannya pemain dan peralatannya cuma bola sama pemukul doang. Kasti sederhana banget.

      Iya nih biar yg awam sama kriket bisa konek pas baca Dilwale jadi aku coba angkat hal hal yg ada di dalam Dilwale lebih rinci lagi.

      Hapus
    2. Hampir sama hanya bedanya bila yg di di pantulkan ke tanah baru di pukul

      Hapus
  2. Gue pikir Kriket itu Korek Api. hahahaha. Gagal paham banget awalnya. Tapi, pas dijelasin jadi nambah ngerti dan nambah ilmu.

    Jujur, selama jadi atlet, gue baru denger istilah kriket ini. Dan baru tau juga, beda dengan Base Ball. Kalo dari penjelasnnya emang beda, sih. Tapi, rata2 agak rawan gitu bedanya. kek kertas HVS. Tipis banget.

    Soalnya ada Kapten, Pelempar, Pemukul dll. Sama kasti juga beda, ya? Hem... Keknya gue harus banyak baca lagi, nih. Biar makin tau ada permainan yg agak mirip tapi beda gini.

    Btw, makasih ilmu barunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, bedanya itu kayak kulit bawang. Tipis banget. Hihihi Baca novel saya yang judulnya Dilwale aja biar makin ngerti kriket itu gimana. Hohoho

      Hapus
  3. Kriket itu setau gue, game di Hp jadul nokia, hahahaha.

    setelah gue pahami, nih game kayaknya niru game baseball, yang ada bus 1, bus2, bus3nya gitu, dan jurus HOMERUN!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada ya? Kok saya ga tahu ya? Hihihi

      Iya bener ada Homerun nya tapi kagak sebanyak homerun nya kasti atau baseball.

      Hapus
  4. Gue sering dnger permainan kriket ini.
    tapi seumur-umur ga pernah main beginian.
    dan sekarang baru sadar ternyata beda dengan permainan baseball.

    btw, gue jadi keingetan kapan terakhir kali main baseball.
    mmngkin sekitar 10 tahun lalu :(

    sekrang mainya udah pada ke gadget semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga ga pernah main kriket hohoho megang pemukulnya aja kagak pernah. Tapi suka aja liatnya. Apalagi kalo yang main ganteng. Hohoho

      Hapus
  5. Gue pernah main gamenya, jadi ada sedikit sekilas bayangan1 tentang permainan kriket ini hehe. Gue baru tau kalau peran Kapten Tim di Olahraga ini vital banget ternyata.

    Sekilas sih emang mirip dengan Baseball, Tapi kalau teliti lebih jauh ternyata beda banget ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener. Jadi kapten itu perannya penting banget. Dia yang tunjuk siapa yang akan jadi pemukul mendampinginya. Beda dong sama Baseball :)

      Hapus
  6. Eh KOK AKU FOKUS SAMA LATAR BELAKANGNYA YA? ADUH INI GANTENG KU NAKSIR HAHA :D *Maaf capslock jebol*

    Kriket ini kayanya pernah ada disalah satu film bukan sih? Kaya pernah liat gitu deh. Main baseball aja aku ga ngerti apalagi kriket, namanya aku juga baru denger, Cupu ga sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha masih aja ada yang tersepona sama babang Joe ku hihihi

      Iya bener. Banyak banget film khususnya India yang mengangkat kriket sebagai tema. Tapi kalau novel baru novel saya aja, Dilwale hohohoho
      nggak juga kok. Faktanya emang banyak banget yang asing sama kriket dan tidak sedikit pula yang menyangka kriket itu baseball.

      Hapus
  7. nah tuh...berkat silaturahmi kesinijadi tau deh tuh apa sesungguhnya olahraga Kriket yang tren banget di India kalau nggak salah mah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan tren kak. Kriket itu olahraga nasionalnya India. :) Btw terima kasih sudah mampir :)

      Hapus
  8. Kalau saya mah belum pernah sih mbak main kriket karena tempatnya tidak ada kalau ditempat tinggal saya mah dan alhamdulillah setelah kesini jadi tahu deh sedikit demi sedikit tentang olahraga yang satu ini, ahi hi hi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga belum pernah kok Kak hehehe
      Thank you udah mampir ya XDD

      Hapus
  9. Agen Judi MGMCASH88 Online Terbesar Dan Terpercaya Indonesia.
    Bergabunglah Bersama Kami Para Member Yang Setia Di MGMCASH88,
    Bagi Anda Yang Belum mempunyai ID , Silahkan Melakukan Registrasi (Daftar).

    Hanya 1 Rekening Anda Sudah Bisa Bermain Semua Game yang ada DI MGMcash88
    Ini adalah list game yang ada di MGMcash88 :

    - SBOBET BOLA
    - SBOBET CASINO
    - ION CASINO
    - MAXBET
    - TANGKAS 365
    - 368bet
    - SABUNG AYAM
    - CBO855
    Tersedia Game Baru kami Fish Hunter ( Tembak Ikan )

    PROMO BANDAR ONLINE MGMCASH88 :
    -Bonus Depo Bola 50%
    -Bonus Cashback Bola 5% - 10%
    -Bonus Depo Casino 3%
    -Bonus Cashback Casino 5%
    -Bonus Rollingan Casino 0.7%
    -Bonus Depo Tangkas 5%
    -Bonus Referal Bola 3% MenangKalah teman
    -Bonus Referal Casino 1% MenangKalah teman

    Costumer Service 24 Jam Online :
    Pin BBM : 7B2Ec260

    Whatsapp atau nomor sms :
    +66615620266
    YM : mgmcash88

    BalasHapus

Jangan malu- malu untuk berkomentar. Silahkan berikan komentar terbaik anda ^_^ Xie Xie Ni